Manfaatkan Kedelai untuk Kecantikan

SATU lagi penemuan di bidang kecantikan, terutama perawatan kulit, ditemukan oleh putra bangsa. Adalah Dr dokter Prasetyowati Subchan SpKK (K) yang telah berhasil mengadakan penelitian mengenai manfaat kedelai. Dalam disertasinya untuk meraih gelar S-3 di gedung Pascasarjana Undip, Sabtu (11/2) lalu, Bu Pras, sapaan akrabnya, dinyatakan lulus.

Disertasi berjudul "Pengaruh Isoflavon Kedelai terhadap Penuaan Kulit pada Wanita Pramenopause" itu dinyatakan penguji sangat memuaskan. Staf pengajar di Fakultas Kedokteran Undip tersebut telah mengadakan penelitian selama tiga bulan terhadap 60 wanita pramenopause.

Tiga puluh orang di antaranya mendapat isoflavon kedelai masing-masing 160 mg/hari, sedangkan 30 wanita lainnya mendapat plasebo sebagai kelompok kontrol. Hasilnya, setelah perlakuan itu, telomer lekosit pada kelompok perlakuan ternyata lebih panjang dibandingkan dengan kelompok kontrol. "Kelembaban kulitnya pun lebih tinggi dibanding dengan kelompok kontrol," papar ibu empat anak tersebut.

Menurut istri dari Drs H Tjuk Subchan Sulchan itu, dari analisis manova, hasil penelitiaannya membuktikan pemberian isoflavon kedelai pada wanita pramenopause dapat memperlambat penuaan kulit. Karena itu, nenek lima cucu itu menyarankan kepada wanita pramenopause untuk mengonsumsi kedelai ataupun produknya, seperti tempe dan tahu. Tiap 60 gram kedelai yang bagus berisi kurang lebih 100 mg isoflavon atau senyawa kimia yang ada di dalamnya.

"Dalam waktu dekat saya akan membuat kapsulnya agar lebih mudah dikonsumsi. Penelitian ini adalah yang pertama di Indonesia. Karena itu, saya juga sudah mematenkan penemuan ini," terangnya.

sumber : suaramerdeka.com

IggyTemplate07 - Free Blogger Template powered by Blogger. Design by Leo.
Privacy Policy